11 Peralatan Ruang Server Yang Setidaknya Harus Ada

11 Peralatan Ruang Server Yang Setidaknya Harus Ada11 Peralatan Ruang Server Yang Setidaknya Harus Ada

Ruang server adalah ruang yang didedikasikan khusus untuk penyimpanan komputasi besar, atau jadi rumah bagi hardware. Server sendiri merupakan hardware yang umum dimiliki kantor, sekolah dan fasilitas lain seperti pabrik, namun karena spesialnya server maka biasanya memiliki ruang server khusus. Dapat menyerupai pusat data baik kecil maupun besar. Hampir setiap bisnis modern membutuhkan server untuk menjalankan situs web mereka, mengelola proses internal, atau menggunakan aplikasi cloud.

Di masa lalu, membangun server berarti membangun dari satu ruangan kosong, atau diikosongkan khusus di mana ruang server dilengkapi di tempat. Saat ini, makna server dapat berarti tidak harus dimiliki sendiri, biasanya berarti penyewaan atau penempatan server di pusat data kelas perusahaan di luar kantor. Tetapi beberapa pihak pebisnis masih memilih untuk berinvestasi dalam membangun ruang server mereka sendiri.

Kadang-kadang, pengaturan ruang server di tempat khusus ini dibenarkan, tetapi banyak situs online, seperti situs http://104.145.231.244 lebih memilih meminjam dedicated server hosting di pusat data dengan perusahaan penyedia layanan, daripada mengelola ruang server sendiri yang lebih masuk akal secara finansial, teknologi, dan dari perspektif bisnis. Lalu apa saja yang ada dalam ruangan server itu?

  1. Perangkat keras : Perangkat keras utama seperti server dan perangkat penyimpanan data.
  2. Rak : Sistem untuk menumpuk perangkat keras sehingga ruang digunakan secara efisien.
  3. Sistem Pengkabelan : Sistem dan serangkaian pemasangan kabel yang menjaga kompleksitas kabel bisa dikelola. Idealnya, ini termasuk lantai yang ditinggikan atau rak langit-langit yang menjaga kabel agar tidak menghalangi.
  4. Power : Ruang server biasanya mengkonsumsi daya yang signifikan dan dapat dirancang untuk mencegah sumber daya yang berlebihan, ambil contoh kabel arus komersil dan tenaga surya.
  5. UPS : Perangkat catu daya yang tidak terputus digunakan untuk melindungi peralatan dari power yang tidak stabil seperti lonjakan listrik mendadak. Peraangkat ini juga dipilih untuk memberikan cukup kekuatan sekunder, saat mengalami pemadaman listrik singkat atau jeda waktu untuk beralih sumber daya.
  6. Layanan dasar : seperti peralatan jaringan. Ruang server dapat dirancang tanpa satu titik yang menggagalkan tujuan pengolahan data dari luar. Misalnya, beberapa koneksi ke internet dari perusahaan telekomunikasi yang berbeda.
  7. Keamanan fisik : Melindungi aset di ruang server dengan kontrol akses, pemantauan, tanggap darurat, pelatihan dan kontrol internal lainnya
  8. Proteksi Kebakaran : Peralatan, prosedur dan struktur proteksi kebakaran seperti jalur untuk karyawan untuk melarikan diri dari api di ruang server.
  9. Kontrol Lingkungan : Kontrol kelembaban dan suhu udara. Peralatan komputer menjadi panas dan pendinginan hal utama dalam desain ruang server.
  10. Operasi : Proses dan sumber daya untuk mendukung ruang server termasuk tugas fisik seperti perangkat swapping.
  11. Cadangan : Cadangan data dan panas yang berada di lokasi fisik yang berbeda, misal memilih di gedung sendiri atau meminjam server lain.

Seperti yang Anda lihat, membangun ruang server merupakan investasi penting yang dipengaruhi waktu, uang, dan usaha. Selain biaya peralatan, ada juga biaya staf dan pemeliharaan yang harus dipertimbangkan. Pada kenyataannya, sebagian besar usaha kecil dan menengah tidak akan dapat menyamai ekonomi dan keahlian penyedia pusat data besar. Jadi mesti dipertimbangkan matang-matang melakukan hosting yang tidak begitu mahal namun juga aman untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *