5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server Yang Sukses

5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server Yang Sukses5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server Yang Sukses

5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server Yang Sukses – Jika suatu perusahaan membuat keputusan untuk memasang rak server di entah di kantor rumahan, atau kantor di gedung pekantorn, maka ada tips terbaik yang dapat dilakukan, bagaimanapun suatu perusahaan mesti semaksimal mungkin menghindari kesalahan dalam pemasangan benda sepeting Server. Salah memasang bisa jadi masalah besar, karena rak server yang terpasang sulit untuk dibongkar. So, Saat menyiapkan ruang server baru, Anda harus terlebih dahulu tahu cara memasang kabinet atau rak rak server. Ada 5 tips yang patut dipertimbangkan:

1. Menemukan Ruang yang Tepat
Memilih ruang yang tepat di dalam rumah kantor atau gedung jadi tempat memulai segalanya, ruangan harus seaman mungkin karena rak server berisi perangkat keras yang berharga dengan data penting perusahaan citibet88.club yang ada di dalamnya. Ruangan di tengah bangunan seringkali dipilih dan ideal karena tidak memiliki berjendela. Memiliki kemampuan untuk mengunci ruangan agar karyawan dan pengunjung tidak sembarangan masuk.

2. Jauhkan Ruang Dari Lalu Lalang
Jika memungkinkan, jauhkan rak server dari lalu lalang orang-orang, apalagi orang tidak kepentingan. Dari sisi praktis, server dapat menghasilkan banyak panas dan noise, yang bisa sangat mengganggu bagi mereka yang bekerja di daerah sekitarnya. Selain itu, saat orang bekerja di dekat rak server, mereka akan sering ekpos dengan setiap peralatan dengan risiko terbentur atau bahkan air tumpah atau terciprat ke kabinet server. Adapun, rak server yang baik akan memberikan banyak perlindungan ke server di dalamnya, semakin kecil kemungkinan persentuhan dengan manusia yang tidak berkepentingan, maka server tetap aman dan semakin baik.

3. Pikirkan Tentang Pendinginan
Suhu ruangan yang dingin adalah mutlak. Anda tentu tidak ingin menyimpan ruangan bagai di dalam kawah gunung berapi, yang panas tidak ketolongan. Setiap server adalah benda elektronik yang menghasilkan panas sendiri, sehingga Anda butuh tukang AC, lebih dari itu ahli ruang AC khusus server yang mampu memfasilitasi pendinginan yang tepat. Jika ruangan ada di tengah gedung, pastikan aliran AC mencapai suhu antara 18 hingga 20 derajat C.

4. Memilih Rak Server yang Tepat
Oke lokasi sudah fix, selanjutnya adalah penempatan dan pemasangan rak atau kabinet server, Anda harus memutuskan jenis kabinet atau rak server mana yang terbaik untuk kebutuhan server. Ada banyak jenis rak dan kabinet yang tersedia, jadi pastikan untuk mengecek spesifikasi masing-masing berdasarkan pada jenis peralatan yang akan ditempatkan dalam ruangan.

5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server

5. Jumlah tools tambahan
Jika masalah rak dan kabinet selesai, selanjutnya adalah mempertimbangkan jenis peralatan apa yang akan dimasukan bersamaan ke dalam ruangan server. Lalu pastikan apa masih ada ada cukup ruang, dan juga pastikan apakah peralatan tersebut dapat diamankan dengan benar di tempatnya. Beberapa ruang server ada yang menyimpan kotak serba guna, berisi perlengkapan bongkar pasang, first aid kit, fire supression tools, kampak, bahkan ada yang menyimpan air dan biskuit energi jika ruang server terkunci otomatis, sementara ada orang yang tidak sengaja terkunci di dalamnya hingga esok hari.

Lebih dari segalanya, dalam mengatur dan menempatkan server dalam rak yang rapih, kabel yang tidak saling silang dan peralatan lainnya, juga harus bisa dipastikan bahwa masalah keamanan software yang tidak kalah penting. Lebih baik jika hanya ada satu akses untuk root pada sistem, sehingga bisa dilacak penggunaan yang tidak sesuai prosedur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *