Penempatan dan Perlengkapan Ruang Server Ideal

Penempatan dan Perlengkapan Ruang Server Ideal

Penempatan dan Perlengkapan Ruang Server Ideal – Aspek pertama yang perlu dipertimbangkan saat Anda gtengah menyiapkan ruang server khusus di kantor adalah di mana server akan ditempatkan. Artinya memang ada posisi atau penempatan khusus untuk server yang ideal. Akan halnya, dengan penempatan di dalam bangunan perusahaan yang ada, demi ruang server kadang jatuhnya mahal, dan seringkali membutuhkan renovasi besar-besaran dan berpotensi ada kesalahan arsitektur. Walau begitu, kebanyakan orang yang ingin memperkuat bisnisnya memilih mengalah.

Karena, lokasi server memang tidak bisa sembarangan. Setidaknya ada beberapa poin yang harus sesuai untuk penempatan server. Misalnya kapasitas listrik untuk pemasangan daya besar, AC, dan peralatan jaringan. Ruangan juga harus mampu menanggung berat peralatan IT. Ruang sempit tidak cocok karena pendinginan yang efektif membutuhkan sirkulasi udara yang konstan dan perencanaan aliran udara yang tepat. Anda juga disarankan untuk membangun ruang server di ruang berjendela atau ruang dengan dinding eksternal, yang keduanya dapat dikontrol demi mengamankan lingkungan di dalam ruang server.

Plus, idealnya, langit-langit ruang harus setidaknya berjarak sembilan kaki dari tanah, dan langit-langit lebih tinggi lebih disarankan demi memungkinkan jalannya saluran udara dan pemasangan alat pemanas ruang, dan peralatan lainnya. Lantai dengan sepertiganya terangkat di tengah, bagai bagian panggung yang memungkinkan adanya penempatan kabel dan manajemen kabel, walau ini tidak diperlukan untuk ruang server yang lebih kecil.

Di atas segalanya, ruang server harus aman, dengan akses yang lebih terpantau dan terkontrol baik dari dalam gedung maupun dari area eksternal. Bagi banyak bisnis yang tidak memiliki keamanan fisik atau staf di lokasi 24×7, keamanan server jadi hal yang utama. Ketika server offline atau peralatan hilang, maka segalanya ibarat hilang untuk Anda.

Pertimbangkan juga pemasangan AC atau Penyejuk udara untuk ruang server yang memiliki tiga tugas utama:

• Pemeliharaan suhu stabil di ruang server.
• Kontrol kelembaban: server tidak bekerja dengan baik di lingkungan yang lembab.
• Filtrasi udara: debu dan partikel-partikel udara lainnya dapat mengurangi umur dan keandalan peralatan komputasi.

Biasanya, ruang server yang lebih kecil akan menggunakan AC yang terpasang di dinding. Untuk kamar yang lebih besar, unit AC ada di langit-langit. Anda juga harus memasang sistem pendingin udara yang terhubung ke catu daya redundan. Anda juga perlu mengatur pemantauan suhu jarak jauh sehingga bisa dimonitor jika terjadi kegagalan dalam sistem pendinginan.

Suhu dalam ruang server harus berada di sekitar 22 ° C. Server modern akan berfungsi pada suhu yang lebih tinggi, tetapi dengan kemungkinan peningkatan kerusakan komponen.

Server modern dirancang untuk dipasang di rak. Server juga tersedia dalam berbagai ukuran, yang dinyatakan sebagai kelipatan unit rak (atau “U”). Ruang server terkecil membutuhkan setidaknya satu kabinet atau rak, yang akan berisi kabin untuk server. Semakin besar penyebaran server, maka akan butuh banyak rak dan kabin yang diperlukan, bergantung pada penggunaan dari server tersebut.

Yang tidak kalah penting adalah fire suppresion atau pencegah kebakaran di ruang server, bisa menggunakan teknik penekan gas atau kimia untuk memadamkan api secara otomatis. Sebagian besar sistem pencegah kebakaran membutuhkan ventilasi pelepas tekanan agar dipasang di ruang server untuk mengurangi perubahan tekanan selama pembuangan.

Sekali lagi server mewakili investasi modal yang signifikan bahkan sebelum data perusahaan mdsbet.com yang disimpan di dalamnya diperhitungkan.

[wpspw

11 Peralatan Ruang Server Yang Setidaknya Harus Ada

11 Peralatan Ruang Server Yang Setidaknya Harus Ada

Ruang server adalah ruang yang didedikasikan khusus untuk penyimpanan komputasi besar, atau jadi rumah bagi hardware. Server sendiri merupakan hardware yang umum dimiliki kantor, sekolah dan fasilitas lain seperti pabrik, namun karena spesialnya server maka biasanya memiliki ruang server khusus. Dapat menyerupai pusat data baik kecil maupun besar. Hampir setiap bisnis modern membutuhkan server untuk menjalankan situs web mereka, mengelola proses internal, atau menggunakan aplikasi cloud.

Di masa lalu, membangun server berarti membangun dari satu ruangan kosong, atau diikosongkan khusus di mana ruang server dilengkapi di tempat. Saat ini, makna server dapat berarti tidak harus dimiliki sendiri, biasanya berarti penyewaan atau penempatan server di pusat data kelas perusahaan di luar kantor. Tetapi beberapa pihak pebisnis masih memilih untuk berinvestasi dalam membangun ruang server mereka sendiri.

Kadang-kadang, pengaturan ruang server di tempat khusus ini dibenarkan, tetapi banyak situs online, seperti situs http://104.145.231.244 lebih memilih meminjam dedicated server hosting di pusat data dengan perusahaan penyedia layanan, daripada mengelola ruang server sendiri yang lebih masuk akal secara finansial, teknologi, dan dari perspektif bisnis. Lalu apa saja yang ada dalam ruangan server itu?

  1. Perangkat keras : Perangkat keras utama seperti server dan perangkat penyimpanan data.
  2. Rak : Sistem untuk menumpuk perangkat keras sehingga ruang digunakan secara efisien.
  3. Sistem Pengkabelan : Sistem dan serangkaian pemasangan kabel yang menjaga kompleksitas kabel bisa dikelola. Idealnya, ini termasuk lantai yang ditinggikan atau rak langit-langit yang menjaga kabel agar tidak menghalangi.
  4. Power : Ruang server biasanya mengkonsumsi daya yang signifikan dan dapat dirancang untuk mencegah sumber daya yang berlebihan, ambil contoh kabel arus komersil dan tenaga surya.
  5. UPS : Perangkat catu daya yang tidak terputus digunakan untuk melindungi peralatan dari power yang tidak stabil seperti lonjakan listrik mendadak. Peraangkat ini juga dipilih untuk memberikan cukup kekuatan sekunder, saat mengalami pemadaman listrik singkat atau jeda waktu untuk beralih sumber daya.
  6. Layanan dasar : seperti peralatan jaringan. Ruang server dapat dirancang tanpa satu titik yang menggagalkan tujuan pengolahan data dari luar. Misalnya, beberapa koneksi ke internet dari perusahaan telekomunikasi yang berbeda.
  7. Keamanan fisik : Melindungi aset di ruang server dengan kontrol akses, pemantauan, tanggap darurat, pelatihan dan kontrol internal lainnya
  8. Proteksi Kebakaran : Peralatan, prosedur dan struktur proteksi kebakaran seperti jalur untuk karyawan untuk melarikan diri dari api di ruang server.
  9. Kontrol Lingkungan : Kontrol kelembaban dan suhu udara. Peralatan komputer menjadi panas dan pendinginan hal utama dalam desain ruang server.
  10. Operasi : Proses dan sumber daya untuk mendukung ruang server termasuk tugas fisik seperti perangkat swapping.
  11. Cadangan : Cadangan data dan panas yang berada di lokasi fisik yang berbeda, misal memilih di gedung sendiri atau meminjam server lain.

Seperti yang Anda lihat, membangun ruang server merupakan investasi penting yang dipengaruhi waktu, uang, dan usaha. Selain biaya peralatan, ada juga biaya staf dan pemeliharaan yang harus dipertimbangkan. Pada kenyataannya, sebagian besar usaha kecil dan menengah tidak akan dapat menyamai ekonomi dan keahlian penyedia pusat data besar. Jadi mesti dipertimbangkan matang-matang melakukan hosting yang tidak begitu mahal namun juga aman untuk jangka panjang.

Memilih Rak Rak yang Tepat untuk Pusat Data Server

Memilih Rak Rak yang Tepat untuk Pusat Data Server – Pengelolaan pusat data sama saja dengan mengelola lemari mewah berisi kosmetika wanita, lemari itu dimiliki ibu mertua Anda, so, Anda akan mati-matian memastikan bahwa segala isi lemari itu dikonfigurasikan dengan baik dan benar. Lebi dari itu adalah kepantasan, di mana rak rak yang tepat akan diisi berdasarkan kebutuhan peralatan yang mengacup pada sekali untuk selamanya . DI sinilah pilihan rak dan kabinet menjadi penting.

– Persyaratan Berat
Salah satu hal paling penting yang perlu dipertimbangkan saat memesan rak untuk rak server adalah berat peralatan yang sedang disimpan. Rak rak dirancang dengan batas berat maksimum yang dapat menahan beban, dan memilih rak yang tidak cukup kuat menahan beban dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat mahal pada peralatan jika rak rusak. Yang terbaik adalah mendapatkan bobot yang tepat dari setiap peralatan yang akan diletakkan di atas rak, tetapi contoh-contoh berikut dapat membantu memberikan beberapa panduan:

  1. Batas 30 lb – Rak rak kecil dengan batas berat 30 lb dirancang untuk keyboard. Meskipun keyboard cukup ringan, rak harus dapat mendukung tangan dan lengan pengguna saat mengetik juga.
  2. Batas 60 lb – Rak dengan jenis batas berat ini masih dianggap ringan, tetapi bisa cukup untuk menampung komputer, monitor, keyboard, dan beberapa peralatan dasar lainnya.
  3. Batas 95 lb – Rak batas berat 95 lb adalah awal dari kategori ‘tugas sedang’, dan bagus untuk server umum, banyak PC, dan peralatan serupa lainnya.
  4. 200 lb Setelah bisa mendapatkan rak lebih dari 200 lb itu memasuki kategori ‘tugas berat’. Batas berat dalam kategori ini dapat mencapai 500 lbs atau bahkan lebih. Rak ini dapat menampung tumpukan server, komputer, monitor, atau hampir semua jenis peralatan lain yang butuhkan di rak.

– Rak Rak Geser atau Tetap
Pilihan lain untuk dipertimbangkan adalah apakah rak bisa masuk dan keluar (atau naik-turun) pada rak, atau yang sudah terpasang di tempatnya. Memiliki kemampuan untuk menggeser rak masuk dan keluar dari rak dapat membuatnya lebih mudah untuk mengisntal kabel baru, memecahkan masalah, dan bahkan membersihkan server untuk menghindari debu dan kotoran. Penggeseran rak ke atas dan ke bawah di rak dapat memungkinkan pekerja untuk menyesuaikan konfigurasi rak sesuai kebutuhan, tanpa harus melepaskan peralatan.

– Ukuran & Bentuk
Ada berbagai bentuk dan ukuran rak yang tersedia, dan bentuk dan ukuran berpengaruh pada volume isi rak. Walau Memilih bentuk dan ukuran yang tepat akan membantu memastikan semua peralatan bisa disimpan dengan aman, tanpa mengambil ruang lebih dari yang diperlukan.

– Peralatan ekstra
Saat membeli rak rak untuk komputer atau peralatan jaringan, ada baiknya juga melihat beberapa peralatan lain yang tersedia yang dapat membantu agar rak tertata dan aman. Barang-barang berikut ini terjangkau, dan benar-benar dapat membantu menghindari masalah dengan rak dan peralatan server:

• Tikar Anti-Selip – Menempatkan tikar anti-selip di atas rak dapat menjaga peralatan tetap di tempatnya saat mengerjakannya atau sebelum dibautkan.
• Tali Kabel – Tali kabel dapat secara efektif menyatukan beberapa kabel untuk pengaturan yang lebih baik. Ini bisa dilakukan sesaat setelah kabel keluar dari peralatan sebelum masuk ke jalur kabel rak itu sendiri.

Dari sini saja bisa kita pastikan, bahwa kita tidak bisa sembarangan memilih rak.

5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server Yang Sukses

5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server Yang Sukses

5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server Yang Sukses – Jika suatu perusahaan membuat keputusan untuk memasang rak server di entah di kantor rumahan, atau kantor di gedung pekantorn, maka ada tips terbaik yang dapat dilakukan, bagaimanapun suatu perusahaan mesti semaksimal mungkin menghindari kesalahan dalam pemasangan benda sepeting Server. Salah memasang bisa jadi masalah besar, karena rak server yang terpasang sulit untuk dibongkar. So, Saat menyiapkan ruang server baru, Anda harus terlebih dahulu tahu cara memasang kabinet atau rak rak server. Ada 5 tips yang patut dipertimbangkan:

1. Menemukan Ruang yang Tepat
Memilih ruang yang tepat di dalam rumah kantor atau gedung jadi tempat memulai segalanya, ruangan harus seaman mungkin karena rak server berisi perangkat keras yang berharga dengan data penting perusahaan citibet88.club yang ada di dalamnya. Ruangan di tengah bangunan seringkali dipilih dan ideal karena tidak memiliki berjendela. Memiliki kemampuan untuk mengunci ruangan agar karyawan dan pengunjung tidak sembarangan masuk.

2. Jauhkan Ruang Dari Lalu Lalang
Jika memungkinkan, jauhkan rak server dari lalu lalang orang-orang, apalagi orang tidak kepentingan. Dari sisi praktis, server dapat menghasilkan banyak panas dan noise, yang bisa sangat mengganggu bagi mereka yang bekerja di daerah sekitarnya. Selain itu, saat orang bekerja di dekat rak server, mereka akan sering ekpos dengan setiap peralatan dengan risiko terbentur atau bahkan air tumpah atau terciprat ke kabinet server. Adapun, rak server yang baik akan memberikan banyak perlindungan ke server di dalamnya, semakin kecil kemungkinan persentuhan dengan manusia yang tidak berkepentingan, maka server tetap aman dan semakin baik.

3. Pikirkan Tentang Pendinginan
Suhu ruangan yang dingin adalah mutlak. Anda tentu tidak ingin menyimpan ruangan bagai di dalam kawah gunung berapi, yang panas tidak ketolongan. Setiap server adalah benda elektronik yang menghasilkan panas sendiri, sehingga Anda butuh tukang AC, lebih dari itu ahli ruang AC khusus server yang mampu memfasilitasi pendinginan yang tepat. Jika ruangan ada di tengah gedung, pastikan aliran AC mencapai suhu antara 18 hingga 20 derajat C.

4. Memilih Rak Server yang Tepat
Oke lokasi sudah fix, selanjutnya adalah penempatan dan pemasangan rak atau kabinet server, Anda harus memutuskan jenis kabinet atau rak server mana yang terbaik untuk kebutuhan server. Ada banyak jenis rak dan kabinet yang tersedia, jadi pastikan untuk mengecek spesifikasi masing-masing berdasarkan pada jenis peralatan yang akan ditempatkan dalam ruangan.

5 Tips Melakukan Pemasangan Ruang Server

5. Jumlah tools tambahan
Jika masalah rak dan kabinet selesai, selanjutnya adalah mempertimbangkan jenis peralatan apa yang akan dimasukan bersamaan ke dalam ruangan server. Lalu pastikan apa masih ada ada cukup ruang, dan juga pastikan apakah peralatan tersebut dapat diamankan dengan benar di tempatnya. Beberapa ruang server ada yang menyimpan kotak serba guna, berisi perlengkapan bongkar pasang, first aid kit, fire supression tools, kampak, bahkan ada yang menyimpan air dan biskuit energi jika ruang server terkunci otomatis, sementara ada orang yang tidak sengaja terkunci di dalamnya hingga esok hari.

Lebih dari segalanya, dalam mengatur dan menempatkan server dalam rak yang rapih, kabel yang tidak saling silang dan peralatan lainnya, juga harus bisa dipastikan bahwa masalah keamanan software yang tidak kalah penting. Lebih baik jika hanya ada satu akses untuk root pada sistem, sehingga bisa dilacak penggunaan yang tidak sesuai prosedur.

Ceklist Untuk Mereka Yang Merancang Ruang Server Baru

Ceklist Untuk Mereka Yang Merancang Ruang Server Baru – Merancang ruang server ibarat melukis istri bos Anda, dihadapan sang bos. Sepandai-pandainya Anda melukis, satu dua keringat dingin pasti keluar, lantaran resiko yang dipertaruhkannya sangat besar. Begitupun dalam memasang server baru. Ada banyak faktor dan standar yang perlu dipertimbangkan agar server yang sudah dipasang capek-capek sesuai dan ideal dan tidak lagi butuh bongkar pasang. Oleh karena itulah jangan terlalu yakin dengan ingatan sendiri. Catat yang perlu dicatat, dan inilah daftar yang perlu dicatat.

Dalam Hal Spesifikasi Tata Ruang, Cek :

• Kamar seharusnya tidak memiliki jendela.
• Pastikan ruang cukup besar untuk penambahan jumlah server di masa depan
• Langit-langit harus setidaknya sembilan kaki
• Seharusnya ada drop ceiling

Spesifikasi Peralatan

• Rak komputer harus memiliki jarak setidaknya 42 inci.
• Semua rak harus memiliki grounding dan seismik bracing yang tepat.
• Peralatan komputer harus memiliki intensitas listrik maksimum 300 watt per kaki persegi.
• Ruang server harus berisi monitor api, asap, air, dan kelembaban.

Spesifikasi Pendinginan

• Rak harus diatur dalam konfigurasi lorong panas / lorong dingin.
• Gunakan peralatan pendingin dengan kipas kecepatan ber variabel.
• Rencanakan redundansi, jangan mengandalkan pendingin gedung untuk cadangan.
• Sistem pendinginan bawah lantai membutuhkan lantai yang ditinggikan dengan ketinggian minimum 24 inci, dengan kemampuan untuk menahan beban rak dan peralatan server.

Spesifikasi Sistem Kelistrikan

• Peralatan komputer dan HVAC harus memiliki panel daya yang terpisah.
• Seharusnya tidak ada peralatan pendukung penghasil panas.
• Sistem kelistrikan harus memiliki ground yang terisolasi, grid membumi dan berdedikasi netral.
• Daya cadangan terpisah harus tersedia untuk pusat data.
• Sistem kelistrikan harus memiliki shunt trip untuk keperluan shutdown darurat.

Bergantung pada jumlah server yang akan ditempati ruang server, harus ada :

• router inti
• sakelar
• kabel yang sesuai
• KVM switcher

Peralatan jaringan dan sakelar KVM harus ditempatkan di rak peralatan yang aman di dalam ruang server. Jenis peralatan jaringan yang dibutuhkan tergantung pada jumlah server, tingkat redundansi yang diinginkan, dan sejumlah faktor lainnya.

Pertimbangan akan marabahaya eksternal

• Apakah ruang server Anda dikelilingi oleh pipa ledeng?
• Apakah ada kebocoran saat hujan?
• Apakah dapat kebanjiran jika ada banjir?
• Apakah wilayah aman dari gempa? Jika gempa bagaimana antisipasinya
• Apakah dekat jaringan kereta? Bagaimana supresi pada getaran dan guncanhan

Pertimbangan SDM

• Apakah ada ahli server yang mumpuni?
• Apakah tiap departemen perusahaan memiliki perwakilan yang bisa mengakses ruang server?
• Speksiifikasi orang uang mendapat akses ruang server kepada siapa orang melapor kan adanya kejanggalan dalam server yang membahayakan keseluruhan operasi perusahaan?
• Apakah ada pengelola rahasia server yang dibayar khususdari si

Pertimbangan verndor

• Apakah merk server dikenal mumpuni?
• Harganya apakah sesuai antara speksifikasi dengan harga pasar?
• Adakah bantuan dari sisi upgrade hardware
• Apakah hardware memiliki dukungan teknis dari vendor

Dari sekian banyak pertimbangan dan ceklist di atas, perlu Anda ketahui bahwa server di era yang makin modern malah jadi tempat di mana operasional perusahaan tergantung. Bahkan mereka mencipatakn semacam Artifisial Intelegen yang bisa mengurus banyak hal yang sulit dikerjakan manusia. Android robot, droid assistance semua ada dalam server.