Jenis – Jenis Perangkat Utama Untuk Membangun PC Server

Jenis – Jenis Perangkat Utama Untuk Membangun PC Server – Dunia globalisasi dan teknologi semakin mendarah daging sejak beberapa tahun silam. Sejak kemunculan komputer atau Personal Computer (PC), hampir semua aktivitas selalu terhubung dengan jaringan tersebut. Seperti halnya yang terjadi di perkantoran, sekolah, perusahaan dan lain sebagainya. Sebab PC merupakan perangkat terbaik untuk mempermudah semua urusan kerja, tugas dan keperluan penting lainnya.

Maka dari itu dibutuhkan PC Server agar pemilik perusahaan, kepala sekolah dan pimpinan lainnya semakin mudah memantau aktivitas sehari – hari. Dan untuk membangun PC Server, dibutuhkan tenaga ahli informatika. Selain itu juga diperlukan beberapa perangkat utama untuk mendukung aktivitas tersebut, di antaranya;

Jenis – Jenis Perangkat Utama Untuk Membangun PC Server

1. Komputer Server
Ibarat air, server merupakan muara dari semua aliran. Komputer server adalah otak dari semua jenis pekerjaan. Di dalamnya berisikan aplikasi, program, database dan keperluan penting lainnya. Dalam suatu jaringan komputer, server hanya ada satu macam, sementara sisanya yaitu klien.

2. LAN Card
LAN Card adalah kartu jaringan berbentuk kecil yang nantinya dihubungkan pada komputer satu dengan yang lainnya. Umumnya, kartu tersebut sangat langka dan tidak dijual bebas. Namun kini banyak varian LAN Card untuk memudahkan teknisi dalam memilih jenis protokol, tipe kabel dan lain – lain untuk menunjang stabilitas komputer jaringan.

3. Bridge
Berdasarkan namanya, Bridge berarti jembatan. Dimana alat tersebut mampu menghubungkan sejumlah jaringan dalam satu jalur. Salah satu contoh yaitu menyatukan kabel Fiber Optic dan UTP. Walau keduanya beda jenis, namun Bridge bisa mengatur semua komponen agar database yang dikelola terlihat rapi dan teratur.

4. Client
Client berarti komputer anakan dari PS Server. Menariknya Client bisa melebihi 2 komputer dalam satu ruangan. Namun proses kerjanya dibatasi oleh server. Sederhananya semua aktivitas yang terjadi pada Client bisa dipantau, namun Client tidak dapat memantau kinerja server.

5. Hub
Hub merupakan salah satu alat yang terdiri atas beberapa port. Hub memiliki tugas untuk menyatukan PC Server dengan semua klien agar mampu menghasilkan jaringan topologi star. Tak hanya berguna sebagai konektor, Hub juga mampu menguatkan signal. Secara umum Hub memiliki ruang pada konektor RJ-45 mulai dari 4 buah hingga 32 buah.

6. Konektor
Konektor dan kabel merupakan alat untuk menyalurkan aliran Hub antara PC Server dengan klien. Dalam penerapannya, kabel yang sering digunakan yaitu kabel UTP dengan konektor RJ-45 atau Coaxial dengan konektor BNC.

7. Repeater
Repeater tak jauh beda dengan Hub. Akan tetapi cara kerja Repeater hanya memperbaiki kekuatan signal. Alat ini berguna untuk menangkap signal melalui perangkat satu dengan yang lain. Sehingga kekuatan semua komputer bisa stabil.

8. Router
Router memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Bridge. Namun letak perbedaannya adalah router berguna sebagai filter atau penyaring data yang berfokus pada protokol khusus. Baiknya lagi alat ini mampu untuk memberikan jalur alternatif agar kinerja setiap komputer dapat berjalan secara maksimal.

9. Gateway
Gateway berfungsi untuk menggabungkan atau menghubungkan semua komputer melalui berbagai protokol. Sehingga proses berjalannya data dari setiap komputer terjaga dengan baik.

10. Modem
Dan Modulator Demodulator (Modem) mampu merubah atau memisahkan signal informasi antar komputer. Biasanya modem yang digunakan antara lain ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), kabel dan dial-up.

Server-room-furniture – Begitulah jenis – jenis perangkat utama untuk membangun PC Server. Seiring berjalannya waktu, biasanya para teknisi lebih mengembangkan atau menambah komponen lain untuk memberikan hasil maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *